Hari ini anda pengunjung yang ke :

Jumat, 10 April 2009

PEMANFAATAN KULIT GEMOR (Alseodaphne sp) SEBAGAI BAHAN UNTUK PEMBUATAN ANTI NYAMUK BAKAR

Tumbuhan gemor (Alseodaphne sp.) termasuk dalam keluarga Lauraceae. Tumbuhan ini banyak terdapat di daerah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kulit kayu gemor dapat dimanfaatkan sebagai anti nyamuk.
Pemanfaatan sumber daya alam yang optimum merupakan program pemerintah dalam rangka pembangunan ekonomi Indonesia. Hal ini merupakan tantangan pada sektor kehutanan karena pemanfaatan sumber daya alam belum maksimal, terbukti dari banyaknya limbah kayu baik yang berasal dari eksploitasi hutan maupun dari industri pengolahan kayu.
Serbuk gergaji merupakan salah satu limbah dari industri penggergajian kayu yang jumlahnya cukup banyak. Menurut Rachman dan Karnasudirdja (1982) besar limbah serbuk gergaji yang berasal dari industri penggergajian adalah 15% yang terdiri dari 2,5% serbuk dari unit utama, 13% serbuk dari unit kedua dan 0,1% dari unit trimmer.
Limbah serbuk gergaji ini dapat dimanfaatkan sehingga memberi nilai tambah dengan cara mengolah menjadi suatu produk, seperti untuk pembuatan anti nyamuk bakar. Dalam pembuatan anti nyamuk bakar ini serbuk gergaji berfungsi sebagai bahan penolong. Pengertian dari anti nyamuk bakar adalah suatu sediaan padat berbentuk spiral yang mengandung bahan aktif insektisida, dengan sifat bahan mudah dibakar, harus berasap tanpa menimbulkan nyala ulang dan percikan.
Pada umunya anti nyamuk bakar yang diperdagangkan bahan aktif insektisidanya berasal dari bahan sintetis yang biasanya tidak ramah lingkungan bila dibandingkan bahan aktif insektisida alami.
Salah satu tumbuhan yang mengandung bahan insektisida alami adalah kulit gemor (Alseodaphne sp). Kayu gemor ini termasuk dalam keluarga Lauraceae dan juga merupakan salah satu komoditi ekspor dari hasil hutan bukan kayu dari Kalimantan.

ditulis oleh:
Zulnely dan D. Martono

Untuk Lebih lanjut kunjungi :
http://jurnalmapeki.biomaterial-lipi.org/jurnal/01012003/01012003-12-19.pdf

1 komentar:

novan.arfian mengatakan...

thanks buat edo yg telah berpartispasi di blog ini.